Adsense Link 728 X 15;

TEKNIK DASAR SABLON DARI PANJI

Posted by blogpanji1 0 komentar
Adsense Content. recommended 336 X 300
Belajar teknik dasar sablon

Cari duit dengan modal kecil, Belajar tentang teknik dasar sablon serta Peralatan yang digunakan, Bagaimana cara sablon untuk Bahan Kertas,saya akan berbagi semua teknik, Tips trik Sablon.

Sablon terbagi menjadi 2:

1.Sablon Manual adalah sablon yang menggunakan media screen/kain kasa/monnyl sebagai alat cetaknya.
2.Sablon Hot Press adalah suatu alat untuk mentransfer gambar/tulisan.
Jika menggunakan media screen/kasa/monnyl maka peralatan yang digunakan adalah:
yang diperlukan :

1. Film, Kita pakai buat afdruk, bisa media kalkir, kertas hvs, plastik.
2.Screen
Screen juga ada yang sudah jadi atau kita membuat sendiri.
Screen juga bermacam-macam tergantung akan digunakan untuk mencetak media apa?
Jika kita akan mencetak untuk media Kertas,Plastik,Gelas,Payung,Stiker,Dus,Mika maka kita bisa menggunakan Screen T 120/T150/T165/T185/T200.
Tapi jika kita akan menggunakan screen untuk media cetak nya di kaos maka kita harus menggunakan Screen T 14/T35,T 1000,T 500 atau menggunakan jenis kasa nya yang lebih kasar lagi.
Kasa/Screen yang lebih kasar digunakan untuk mencetak campuran yang menggandung gliter/serbuk emas,perak,dsb

3.Rakel
Rakel juga ada beberapa macam jenis nya,tergantung fungsi dan kegunaannya. Kita akan mencetak untuk media
Kertas,Plastik,Gelas,Payung,Stiker,Dus,Mika maka kita harus menggunakan jenis Rakel yang tajam,supaya hasil nya lebih bagus.
Jenis rakel yang digunakan untuk kaos adalah jenis rakel agak lembek,bisa juga menggunakan spon(bahan yang biasa digunakan untuk sandal). 4. Meja Kaca
1 meja ukuran 60 x 80 cm sudah bisa di gunakan, Yang penting Bagian atas rata , karena itu kita gunakan kaca dengan tebal 5 mm,
2 engsel, di gunakan untuk menjepit Screen yang kita pakai saa menyablon.

Sekarang Yang akan kita bahas tentang Cara AFDRUK pada Screen:
Langkah awal kita harus mempersiapkan:
* screen T 14/T35 (kaos) T165/T185 (Kertas) dan rakel
* kaca bening dengan ketebalan 5mm
* busa untuk mengalasi bagian bawah screen
* klise/film yang digunakan untuk mengafdruk
* obat afdruk
* pengering rambut
* semprotan/spray
* harter berguna untuk memperkuat obat afdruk
* tinta/obat sablon

CARA MENGAFDRUK :
 Untuk mengafdruk bisa menggunakan obat afdruk merk PHOTOXOL 199 atau merk yang beredar dipasaran(tersedia di toko yang menyediakan bahan untuk sablon). Langkah ke:
1. Campurkan ke 2 bahan afdruk yang berwarna HIJAU dengan kalium yang berwarna kuning emas,akan menghasilkan warna hijau.jika hasil campuran berwarna hijau tua berarti campurannya kalium nya terlalu banyak.diharapakan jangan terlalu banyak kaliumnya karena pada saat penyemprotan akan mengalami kesulitan.
2. Ratakan obat afdruk diatas screen,lalu ratakan bagian LUAR & DALAM seluruh permukaan screen yang akan digunakan.Cara meratakannya bisa menggunakan penggaris.
 3. Bisa Menggunakan Pengering Rambut untuk mengeringkan obat afdruk yang sudah rata tersebut.jika sudah kering Alasi bagian bawah screen dengan busa,siapkan klise/film nya diatas screen(dengan posisi terbalik)lalu alasi dengan kaca bening dengan ketebalan 5mm,setelah siap bawa ketempat yang panas/terang dengan lamanya penyinaran 60 detik,jika cuaca terlalu panas penyinaran cukup 10-20 detik saja.
4. Setelah selesai penyinaran bawa kedalam: buka kaca,film dan busanya. lalu basahi bagian luar dan dalam screen,maka akan tampak bagian yang tidak terkena sinar akan mengelupas.lalu lakukan penyemprotan menggunakan semprotan/spray yang biasa digunakan untuk burung/menyemprot tanaman.lakukan penyemprotan bagian luar dan dalam dengan hati-hati.setelah betul-betul bagus siram lagi bagian luar dan dalam lalu dijemur sampai kering.
5. Setelah kering baru dilaburi dengan Harter untuk memperkuat obat afdruk.setelah dilaburi secara merata lalu dijemur kembali sampai betul-betul kering.
Setelah kering screen siap untuk digunakan.
SEMOGA BERMANFAAT
 Bersambung..................
Adsense Content. bottom of article

0 komentar:

Poskan Komentar